Minggu, 04 Maret 2012

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2 (1939-1945)

   Perang dunia ke 2 merupakan peristiwa besar dalam sejarah umat manusia pada abad ke 20. Perang ini tidak bisa dilepaskan dengan munculnya ideologi baru di Eropa yaitu Naziisme di Jerman dan fasisme di Italia. Selain itu, muncul ultranasionalisme di Jepang. Ideologi baru ini merupakan penyimpangan dari konsep nasionalisme yang sebenarnya. Ideologi ini menganggap bangsa dan kebudayaan nya lebih tinggi daripada bangsa yang lainya.


-Jerman dibawah kepemimpinan Hitler
     
      Akibat kekalahan Jerman dalam perang dunia ke 1, Jerman mengalami kehancuran dalam berbagai bidang. Pemerintah Republik Weimar yang merupakan pengganti Kekaisaran Jerman telah berusaha keras untuk memperbaikinya. Namun, usaha pemerintah itu tidak membawakan hasil. Kegagalan pemerintah dalam membangun ekonomi menimbulkan ketidakpercayaan rakyat. Hal ini menyebabkan munculnya partai baru yang bersifat ekstreem, yaitu national sozialistische Deutsche Arbeiter Partai (NSDAP) atau partai Nazi pada tahun 1919. 
Hitler menyatkan dalam bukunya yang berjudul  Mein Kampf bahwa bangsa adalah Bangsa Terhormat, paling tinggi derajatnya dunia, dan ditakdirkan untuk memerintahkan bangsa-bangsa lain. Hitler juga bermaksud menghancurkanrepublik, melenyapkan demokrasi, membersihkan komunis, danmenempatkan dirinya sebagai de Fuhrer (diktator tertinggi)  


Itulah sepenggal cerita dari bangsa Jerman, next time saya bakal menceritakan hal lain penyebab perang dunia ke 2....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar